Tuesday, April 20, 2010

hari kartini??

apa sih hari kartini itu??
di sekolah gw besok ada lomba masak gitu buat ngerayain hari kartini.sebenernya, apa sih hari kartini itu? apa hubungannya juga sama lomba masak? haha..

kalo diliat dari sejarahnya, kita tau kalo R.A. Kartini itu pelopor emansipasi wanita di Indonesia. emansipasi itu sendiri adalah usaha seseorang atau sekelompok orang untuk bisa mendapatkan kesetaraan derajat.jadi dengan begitu, R.A.Kartini ingin kita sebagai wanita Indonesia dapat mendapat hak yang sama dengan para pria, untuk boleh belajar, mempunyai pikiran terbuka, berpartisipasi dalam memajukkan negara, dsb.

terus tadi gw ngomong2 gitu kan sama temen2 di sekolah, ada yang bilang, kenapa juga mesti masak? kan kita cwe2 dikasih kesempatan buat bisa belajar, bisa ngelakuin apa yang dulu dianggap cuma pekerjaan cwo aja.. kenapa juga mesti kita yang masak? kan katanya emansipasi wanita, kalo gtu cwo2 aja dong yang masak..hahahaha.. (saya sendiri sempet mikir gtu.. :P)
tapi setelah dipikir2 lagi teman, emang kita sebagai cwe, dikasi kesempatan untuk maju, untuk boleh mengembangkan diri kita, sama seperti cwo..tapi bukan dengan begitu, kita ga usah masak ato ngelakuin pekerjaan yang dulu dibilang "pekerjaan cwe" juga.. bukannya lebih bagus lagi kalo kita bisa ngerjain banyak hal? dari ngangkat2 barang sampe masak didapur..dari kerja dikantor sampe nyuci baju sendiri..
mungkin ini juga yang mau diingetin sama guru2 di sekolah, kalo emansipasi wanita bukan cuma bikin wanita bisa ngerjain pekerjaan cwo aja..tapi supaya kita bisa ngembangin diri tanpa kehilangan identitas diri kita sebagai perempuan.. :)

buat cwo2 juga, ga da salahnya kalian bisa masak, ngerjain hal2 yang dulu dibilang sebagai pekerjaan cwe itu. kan kita udah sama derajatnya sekarang, masa masih malu aja ngerjain hal2 itu? kalo begitu berarti pikiran lo masih sama kaya pikiran cwo2 jaman dulu, yang ngerasa superior dengan diri lo yang berstatus pria.kalo lo merasa udah berpikiran modern, belajar lah buat ga ngeremehin cwe dan "pekerjaan2 cwe" yang lo bilang itu..(tidak bermaksud menyindir :P)

mari2, bagi cwe2 dan cwo2 yang ga bisa masak, ga bisa nyuci baju, nyetrika baju ataupun kerjaan rumah tangga lainnya, kita belajar sama2 mulai dari sekarang..mungkin emang ada pembantu di rumah, tapi kalo kita bisa, kenapa engga? minta diajarin geh sama mbok di rumah masing2..hehehe..itung2 belajar jadi ibu rumah tangga yang baik (buat cwe) atau suami yang baik (cwo)..ihiiyy.. :)
kalo begitu, selamat mencoba semua..

Gb us.. :)

1 comment:

  1. gak ada hubnya tau hari kartini ma lomba masakk,.. Lol~

    Baba

    ReplyDelete